About PSG

Tentang PSG FEB UGM

Public Sector Governance (PSG) FEB UGM atau Pusat Kajian Publik adalah sebuah pusat kajian yang merupakan bagian dari Laboratorium Departemen Akuntansi FEB UGM. Kajian PSG FEB UGM berkonsentrasi pada studi-studi terkait akuntansi dan akuntabilitas di instansi sektor publik.
Pengembangan PSG FEB UGM dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan revitalisasi akuntabilitas dan tata kelola organisasi publik yang semakin mendesak sejak penerapan praktik-praktik New Public Management di Indonesia, terutama sejak diberlakukannya beberapa paket regulasi oleh pemerintah, yakni:

  1. tiga paket undang-undang Trisula Keuangan Negara yang meliputi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara dan Undang-undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan, Pengelolaan, dan Pertanggungjawaban Keuangan Negara,
  2. dua paket undang-undang tentang desentralisasi, yakni Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah; dan
  3. Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
    Untuk mendukung langkah pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan berdasar pada peraturan perundang-undangan tersebut, PSG FEB UGM didirikan dengan visi “menjadi Centre of Excellence di bidang penelitian, pelatihan dan penerbitan di bidang akuntansi dan manajemen publik”. Untuk mencapai visi tersebut, PSG FEB UGM menjalankan misi yang menunjang pelaksanaan misi dan pencapaian visi FEB UGM, khususnya dalam mengembangkan pemimpin organisasi publik dengan pengetahuan dan integritas yang kuat, dengan tetap berbasis pada kearifan lokal. Misi PSG FEB UGM adalah melaksanakan riset berkualitas yang menghasilkan pengetahuan baru dan berketerterapan dalam praktik akuntansi di instansi publik serta mendorong penerapan pengetahuan baru tersebut melalui kegiatan pendidikan, pelatihan, penerbitan, dan diseminasi informasi lain.